Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Katolik OAP 2024: Mencetak Pemimpin Masa Depan di Agats

Sabtu, 19 Oktober 2024 12:56:35 | By Update Berita
Array

UPDATEBERITA.ID -KABUPATEN ASMAT, Pada 18-19 Oktober 2024, Gedung Pusat Pastoral di Agats, Kabupaten Asmat, menjadi saksi pelaksanaan Latihan Kepemimpinan Pemuda Katolik Orang Asli Papua (OAP). Kegiatan ini diikuti oleh 23 pemuda OAP yang bersemangat untuk menggali potensi diri mereka dalam dunia kepemimpinan. Acara ini merupakan hasil kerjasama antara Komisi Kepemudaan Keuskupan Agats dan Biro Pemerintahan, Otsus, dan Kesra Provinsi Papua Selatan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh penting, seperti Jansen Janri, Kabag Kesra Provinsi Papua Selatan, Albert Steven Rahail, Kepala Sub Bagian Pelayanan Dasar, Alexius D. Ronggo, Kepala Sub Bagian Bina Mental, Alberth Fiharsono sebagai narasumber, dan P. Cornelis Yohanes Laritembun, Pr, Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Agats.

Dalam sambutannya, P. Cornelis Yohanes Laritembun, Pr, menekankan pentingnya kepemimpinan yang berawal dari kemampuan untuk memimpin diri sendiri. “Dengan peristiwa hari ini, para pemuda dapat belajar memimpin diri mereka sendiri sebelum menjadi pemimpin bagi orang muda lainnya di organisasi – organisasi kepemudaan,” ujarnya. Ia juga menambahkan bahwa pelatihan seperti ini harus terus dilaksanakan untuk menghasilkan pemimpin yang baik dan bertanggung jawab di Kabupaten Asmat.

Lebih jauh, P. Cornelis berharap kegiatan ini membantu para pemuda untuk mengenali potensi diri mereka. Melalui organisasi kepemudaan, mereka diharapkan dapat tampil sebagai pemimpin yang berdedikasi dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat dalam organisasi tempat mereka dibentuk.

Dengan adanya pelatihan ini, generasi muda OAP diharapkan mampu membawa perubahan positif di masyarakat, menjadi pemimpin masa depan yang tidak hanya memiliki kemampuan teknis, tetapi juga memiliki tanggung jawab moral dalam melayani dan membangun komunitas mereka. ***UB-002

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments